Menyelesaikan PLSV dengan Media Kartu Aljabar
Gambar: Foto Pembelajaran dengan Media Kartu Aljabar
(Dokumentasi Tahun 2019)
Menjadi guru matematika di era seperti sekarang ini, penuh dengan banyak tantangan yang harus dihadapi. Seorang guru perlu menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan dan aplikatif disertai dengan contoh-contoh nyata dalam keseharian. Konsep pembelajaran matematika yang hanya cenderung teoritis akan membuat siswa bosan dan kurang termotivasi menyelesaikan soal-soal terkait materi ajar. Matematika harus bisa mendorong siswa untuk terus menggali, mencari solusi, dan mempunyai keinginan untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi.
Pemahaman siswa terhadap konsep matematika tidak mudah diperoleh tanpa media yang memadai dan kreativitas guru sebagai tenaga pengajarnya. Tersedianya media belajar yang memadai di sekolah pun tidak akan berarti apa-apa jika guru sebagai fasilitator tidak mampu berpikir kreatif dalam memanfaatkan media untuk menyampaikan konsep-konsep dalam pembelajaran. Persamaan linier satu variabel (PLSV) adalah salah satu materi yang di pelajari oleh siswa di jenjang MTs kelas VII. Seperti kebanyakan materi matematika yang lainnya, materi PLSV ini termasuk materi yang bersifat abstrak. Sifat abstrak tersebut membuat kebanyakan siswa kesulitan menguasainya. Padahal materi ini sangat diperlukan dalam mempelajari materi matematika selanjutnya. Selain itu, materi ini juga sering di jadikan sebagai sarana dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara untuk membawa materi ini menjadi lebih kongkrit adalah dengan menggunakan kartu aljabar.
Konsep matematika yang abstrak dapat dipahami dengan baik apabila disajikan dengan bantuan alat peraga atau media ajar yang sesuai. Dengan demikian, konsep matematika yang bersifat abstrak akan dapat dibawa menjadi permasalahan yang lebih kongkrit, sehingga lebih mudah difahami siswa. Kartu aljabar adalah salah satu media yang diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep penyelesaian PLSV. Media ini bukanlah media ajar yang sulit untuk dibuat. Cukup dengan menggunakan bahan-bahan seperti potongan kertas atau paper flags yang diberi tulisan yang menyatakan variabel satuan positif atau negatif dan konstanta satuan positif atau negatif, maka seorang guru sudah bisa menerapkan pembelajaran dengan kartu aljabar ini di kelas.
Secara ringkas, langkah pembelajaran penyelesaian PLSV dengan kartu aljabar adalah sebagai berikut: Pertama, guru menerangkan cara menyelesaikan PLSV dengan bantuan Kartu Aljabar yang dibuat dari paper flags, sehingga bisa ditempelkan di papan tulis. Kedua, dalam kelompok kecil, siswa berdiskusi untuk membuat PLSV dan mencari penyelesaiannya. Ada pembagian tugas dalam kelompok kecil ini. Ada yang membuat PLSV dan menuliskannya di lembar kerja, ada yang membuat kartu aljabar kemudian menyusunnya sesuai dengan PLSV yang telah dibuat, dan ada yang mencatat setiap langkah-langkah dalam penyelesaiannya. Dengan demikian, tidak ada siswa dalam kelompok yang diam saja, semua bisa aktif bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing. Ketiga, presentasi hasil diskusi. Keempat, pembahasan dan pemberian reward kepada kelompok dilanjut dengan rangkuman. Kelima, pemberian kuis.
Kartu aljabar ini adalah salah satu media ajar yang bisa diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Selain mudah mempersiapkannya, media ajar ini juga lebih memudahkan siswa untuk memahami konsep penyelesaian PLSV secara konkret.
Oleh : Siti Nurochimah, S.Si
(Guru Matematika MTsN 13 Boyolali)
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Berprestasi juga dalam Mapel Umum di tahun 2023
Selamat dan sukses selalu. Bravo Matsalas MTsN 13 Boyolali Atas prestasi yang diraih dalam lomba mapel online nasional. Kepala madrasah Bp. Samino, S.Pd. M.Pd. tak lupamengucapk
Semakin berprestasi di tahun 2023
Di tahun 2023, di bawah kepemimpinan Bp. Samino, S.Pd. M.Pd. MTsN 13 semakin berkembang dan maju dalam meraih prestasi baik tingkat kabupaten , Propinsi bahkan nasional. Semua siswa di
KSM Juara 2 Matematika Terintegrasi Tk. Kab. Boyolali
Alhamdulillah pelaksanaan KSM Kab. Boyolali berjalan lancar dan sukses terutama di MTsN 13 Boyolali yang dijadikan sebagai tempat untuk KSM tahun 2022. Dari hasil yang sudah diperoleh M
Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) Tahunan
Pada hari Senin, 15 Agustus 2022 di MTsN 13 Boyolali diadakan PKKM tahunan dalam rangka Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) yang sudah berjalan kurang lebih satu tahun. Denga
Deklarasi Moderat dan Toleran MTsN 13 Boyolali
Dalam rangka menyambut dan melaksanakan Tahun Toleransi pada tahun 2022, maka MTsN 13 Boyolali yang dipimpin Bp. Samino, S.Pd. M.Pd. mengadakan Deklarasi Moderat dan Toleran yang diikut